Home / Artikel / Batu Saluran Kemih

Batu Saluran Kemih

1. Apa yang di maksud dengan batu saluran kemih ?

Jawab :

Batu Saluran Kemih adalah massa keras seperti batu yang terbentuk di sepanjang saluran kemih dan bisa menyebabkan nyeri, perdarahan, penyumbatan aliran kemih atau infeksi.

2. Tempat pembentukan batu saluran kemih dan proses terbentuknya di sebut ?

Jawab :

Proses terbentuknya di dalam ginjal (batu ginjal) maupun di dalam kandung kemih (batu kandung kemih).
Proses pembentukan batu ini disebut urolitiasis (litiasis renalis, nefrolitiasis).

3. Penyebab terbentuknya batu saluran kemih ?

Jawab :

Terbentuknya batu bisa terjadi karena air kemih jenuh dengan garam-garam yang dapat membentuk batu atau karena air kemih kekurangan penghambat pembentukan batu yang normal,kurang minum air putih dan aktifitas yang banyak duduk.

4. Gejala-gejalah yang timbul akibat batu saluran kemih ?

Jawab :

Batu yang menyumbat ureter, pelvis renalis maupun tubulus renalis bisa menyebabkan nyeri punggung atau kolik renalis (nyeri kolik yang hebat).
Kolik renalis ditandai dengan nyeri hebat yang hilang-timbul, biasanya di daerah antara tulang rusuk dan tulang pinggang, yang menjalar ke perut, daerah kemaluan dan paha sebelah dalam.

5. Apakah batu ginjal biasa menyebabkan infeksi saluran kemih ?

Jawab :

Batu bisa menyebabkan infeksi saluran kemih. Jika batu menyumbat aliran kemih, bakteri akan terperangkap di dalam air kemih yang terkumpul diatas penyumbatan, sehingga terjadilah infeksi.
Jika penyumbatan ini berlangsung lama, air kemih akan mengalir balik ke saluran di dalam ginjal, menyebabkan penekanan yang akan menggelembungkan ginjal (hidronefrosis) dan pada akhirnya bisa terjadi kerusakan ginjal.

6. Bakteri penyebab infeksi saluran kemih?

Jawab :

Infeksi saluran kemih biasanya disebabkan oleh bakteri. Umumnya bakteri E coli. Namun, dapat juga disebabkan oleh bakteri stafilokokus aureus, basilus proteus, dan pseudomonas. Infeksi dapat menjalar dari bagian saluran kemih terbawah ke bagian atas. Bahkan dapat menjalar ke ginjal.

7. Diagnosa muncul dari batu saluran kemih ?

Jawab :

Batu yang tidak menimbulkan gejala, mungkin akan diketahui secara tidak sengaja pada pemeriksaan analisa air kemih rutin (urinalisis).
Batu yang menyebabkan nyeri biasanya didiagnosis berdasarkan gejala kolik renalis, disertai dengan adanya nyeri tekan di punggung dan selangkangan atau nyeri di daerah kemaluan tanpa penyebab yang jelas.
Analisa air kemih mikroskopik bisa menunjukkan adanya darah, nanah atau kristal batu yang kecil.
Biasanya tidak perlu dilakukan pemeriksaan lainnya, kecuali jika nyeri menetap lebih dari beberapa jam atau diagnosisnya belum pasti.

Dan diagnosa pendukung pemeriksaan urine selama 24 jam.

8. Cara-cara pengobatan dari penyumbatan saluran kemih Batu kecil yang tidak menyebabkan gejala?

Jawab :

biasanya tidak perlu diobati.
Minum banyak cairan akan meningkatkan pembentukan air kemih dan membantu membuang beberapa batu; jika batu telah terbuang, maka tidak perlu lagi dilakukan pengobatan segera.

9. Cara pengobatan jika batu itu besar dan menimbulkan gejala ?

Jawab :

– berukuran 1 sentimeter atau kurang seringkali bisa dipecahkan oleh gelombang ultrasonik (extracorporeal shock wave lithotripsy, ESWL).
Pecahan batu selanjutnya akan dibuang dalam air kemih.

– Kadang sebuah batu diangkat melalui suatu sayatan kecil di kulit (percutaneous nephrolithotomy, nefrolitotomi perkutaneus), yang diikuti dengan pengobatan ultrasonik.
Batu kecil di dalam ureter bagian bawah bisa diangkat dengan endoskopi yang dimasukkan melalui uretra dan masuk ke dalam kandung kemih.

– Batu asam urat kadang akan larut secara bertahap pada suasana air kemih yang basa (misalnya dengan memberikan kalium sitrat).

10. Gejalah infeksi saluran kemih ?

Jawab :

Gejala infeksi saluran kemih berupa suhu badan yang sedikit meningkat, rasa nyeri teutama saat akhir buang air kecil, perasaan ingin buang air kecil yang tidak dapat ditahan, nyeri tekan di atas tulang kemaluan. Kadang kala terdapat darah dalam urine.

11. Terapi secara non invasive untuk batu saluran kemih ?

Jawab :

Terapi yang sekarang sedang naik daun adalah penanganan secara non invasive melalui teknik extracorporeal shock wave lithotripsy (ESWL).

Keuntungan ESWL adalah tidak nyeri, tidak perlu dirawat, tidak perlu dibius, hanya menggunakan obat penghilang rasa nyeri yang dimasukkan lewat dubur, dan proses pengerjaannya relative singkat, yakni sekitar 1 jam.

12. Prisip pengobatan batu saluan kemih ?

Jawab :

Prinsip utama pengobatan batu ginjal adalah mempertahankan fungsi ginjal bukan membersihkan batu. “Kalau batunya keluar tapi ginjalnya tidak berfungsi, percuma.” Sebelum ESWL berkembang pesat, untuk mengeluarkan batu ginjal digunakan teknik percutaneous nephrolithotripsy (PCNL).

13. Jangan biarkan batu ginjal bersarang. Jangan biarkan pinggang nyeri dan melilit. Sebab, jika didiamkan, akan menimbulkan komplikasi. Apa saja?,

Jawab :

· Timbul kembali batu ginjal alias kambuh.

· Infeksi saluran kemih karena sumbatan yang menyebabkan bakteri mengumpul.

· Penyumbatan di ureter.

· Kerusakan sebagian jaringan ginjal.

· Menurunnya atau hilang fungsi ginjal yang terkena. Dampak paling fatal adalah gagal ginjal.

14. Faktor-faktor yang berperan dalam pembentukan batusaluran kemih dibagi atas 2 golongan ?

Jawab :

· Faktor Endogen : misalnya faktor genetik-familial pada hipersistinuria, hiperkalsuria primer dan hiperoksanuria primer.

· Faktor Eksogen : misalnya faktor lingkungan, pekerjaan yang banyak mengeluarkan keringat misalnya buruh bangunan, makanan, infeksi, dan kejenuhan mineral di dalam air minum.

15. Faktor tertentu yang mempengaruhi pembentukan batu mencakup infeksi, statis urin, periode imobilitas (drainase renal lambat dan perubahan metabolisme kalsium), hiperkalsemia (Ca serum tinggi) dapat disebabkan oleh:

Jawab :

· Hiperparathiroid.

· asidosis tubular renal

· Malignasi

· penyakit granulomatosa

· masukan Vit D yang merlebihan

· masukan susu dan alkali

· penyakit pieloproliperatif

16. penata penatalaksanaan batu saluran kemih ?

jawab :

Tujuan dasar penatalaksanaan adalah untuk menghilangkan batu, menentukan jenis batu, mencegah kerusakan nefron , mengendalikan infeksi, dan mengurangi obstruksi yang terjadi

17. Mengapa seorang menderita batu saluran kemih?

Jawab :

Seorang mendrita penyakit batu saluran kemih jika terdapat factor predisposisi, kurang minum sehingga konsentrasi zat pembentuk dalam air seni menjadi lebih pekat mengakibatkan mudah terbentuk batu.

Faktior predisposisi lainnya :

· Faktor batu saluran kemih/infeksi saluran kemih sebelumnya.

· Riwayat keluarga  yang menderita batu saluran kemih

· Penyakit gout (peningkatan kadar asam urat darah yang tinggi)

· Mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung kalsium atau oxalat (coklat, cola, kacang, teh)

· Sumbatan saluran kemih

18. Pemeriksaan apa yang akan dilakukan oleh dokter untuk mendiaknosis?

Jawab :

Riwayat penyakit

Pemeriksaan fisik

Pemeriksaan penunjang, yang meliputi:

· Pemeriksaaan urin dan darah

· USG ginjal dan kandung kemih

· Foto x-ray foto polos perut dan pyelografi infravena (IVP)

19. Penatalaksanaan apa yang dapat dilakukan di klinik urology ?

Jawab :

· Konservatif

Jika batu berukuran lebih kecil dari 5 mm, tanpa adanya komplikasi. Diharapkan batu dapat keluar sendiri melalui saluran kemih.

· ESWL (Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy)

Merupakan tindakan memecahkan batu dari luar tubuh dengan menggunakan gelombang kejut yang dapat memecahkan batu menjadi pecahan yang halus, sehingga pecahan tersebut dapat keluar bersama dengan air seni. Tindakan ini dilakukan tanpa membuat luka, tanpa pembiusan dan dapat tanpa rawat inap. Tindakan ini dapat dilakukan pada batu ginjal atau ureter ukuran 5 sampai 30 mm dengan fungsi ginjal masih baik. Untuk batu lebih besar diperlukan tindakan tambahan.

· URS

Yaitu prosedur spesialistik yang memerlukan pembiusan dengan menggunakan alat endoskopik yan  berukuran kurang dari 3 mm yang dimasukkan melalui saluran kemih kedalam ureter kemudian batu dipecahkan dengan gelombang pneumatik. Pecahan batu akan keluar bersama air seni.

20. Cara yang terbaik agar tidak terkena batu saluran kemih ?

Jawab :

Jadi, banyak olahraga, tidak hidup santai, jangan sering-sering makan jeroan, serta makan yang enak-enak.

Mengapa demikian ? Begini. Batu saluran kemih (saluran kemih terdiri atas, ginjal, ureter, kandung kemih, dan uretra) terbentuk ketika urin sangat kental. Akibatnya, mineral dan berbagai senyawa yang terdapat di dalam urin membentuk endapan kristal di bagian dalam ginjal. Mineral tersebut diantaranya kasium, oksalat, fostat, asam urat, dan garam.

Dengan sering minum, mineral yang membentuk edapan tersebut akan keluar melalui air seni. Jika tidak, maka endapan kristal akan semakin menumpuk dan menjadi besar

Daftar pustaka

kemih.http://naqshbandibatam.org/component/option,com_fireboard/Itemid,72/func,view/catid,22/id,65/
http://forum.kompas.com/kesehatan/7673-infeksi-saluran-kemih-pada- anak.htm

Sjamsuhidajat, Wim Dejong. Buku Ajar Ilmu Bedah,Edisi Revisi. 1997. Jakarta: ECG.

About yuda handaya

Dr. dr A. Yuda Handaya, SpB,FInaCS,FMAS Dokter Spesialis Bedah dan Laparacopic Surgeon Layanan Informasi dan Konsultasi setiap saat Email : yudahandaya@yahoo.com (BlackBerry monitor)