Dokter Spesialis Bedah Malang

Poster Fissura Perianal

Robekan Luka di Daerah Anus

Definisi

Fissura Perianal adalah robekan atau luka dengan nanah didaerah anus, dekat perbatasan dengan kulit. Luka sering terjadi pada bagian belakang. Kadang, meski jarang, luka bisa juga ditemukan dibagian depan. “ Lebih jarang lagi luka ditemukan dibagian samping. Bila itu terjadi, perlu dipikirkan kemungkinan penyakit lain,”

Pathofisiologi

Feses yang keras dan menimbulkan rasa sakit saat BAB bisa mengakibatkan sphincter spasme. Yakni, reaksi dubur karena sakit dan terus berkontraksi. Bila tiap BAB sakit, penderita akan menahan BAB. Akibatnya, berak makin keras dan feses makin sulit keluar sehingga membuat robekan di daerah anal. fissure menimbulkan nyeri dan pendarahan selama atau segera setelah BAB. Rasa nyeri berlangsung beberapa menit hingga beberapa jam, lalu menghilang sampai saat BAB berikutnya. Gatal-gatal (pruitus ani) dan berbau busuk mungkin terjadi karena adanya nanah dari luka robek.
Anus fisura umumnya diikuti pendarahan meski tak sebanyak pada penderita wasir. Dan terjadi juga peradangan di daerah luka sehingga terbentuk perianal abses dan akhirnya menjadi fissura.

Gejala klinis

Nyeri, Radang disekitar anus
Berdarah, Bernanah, Brerair
Gatal, Bau sekitar anus
Sering disertai demam

Penatalaksanaan

Penatalaksanaan Fistel Parianal adalah dengan cara dilakukan Bedah meregang Anus, yaitu prosedur bedah  dengan cara meregang dan merobek sphincters untuk melakukan pengobatan anus fisura.

DefinisiFissura Perianal adalah robekan atau luka dengan nanah didaerah anus, dekat perbatasan dengan kulit. Luka sering terjadi pada bagian belakang. Kadang, meski jarang, luka bisa juga ditemukan dibagian depan. “ Lebih jarang lagi luka ditemukan dibagian samping. Bila itu terjadi, perlu dipikirkan kemungkinan penyakit lain,”
PathofisiologiFeses yang keras dan menimbulkan rasa sakit saat BAB bisa mengakibatkan sphincter spasme. Yakni, reaksi dubur karena sakit dan terus berkontraksi. Bila tiap BAB sakit, penderita akan menahan BAB. Akibatnya, berak makin keras dan feses makin sulit keluar sehingga membuat robekan di daerah anal. fissure menimbulkan nyeri dan pendarahan selama atau segera setelah BAB. Rasa nyeri berlangsung beberapa menit hingga beberapa jam, lalu menghilang sampai saat BAB berikutnya. Gatal-gatal (pruitus ani) dan berbau busuk mungkin terjadi karena adanya nanah dari luka robek.  Anus fisura umumnya diikuti pendarahan meski tak sebanyak pada penderita wasir. Dan terjadi juga peradangan di daerah luka sehingga terbentuk perianal abses dan akhirnya menjadi fissura.
Gejala klinisNyeri, Radang disekitar anusBerdarah, Bernanah, BrerairGatal, Bau sekitar anusSering disertai demam
PenatalaksanaanPenatalaksanaan Fistel Parianal adalah dengan cara dilakukan Bedah meregang Anus, yaitu prosedur bedah  dengan cara meregang dan merobek sphincters untuk melakukan pengobatan anus fisura.

Poster Fissura Perianal

Comments are closed.