Dokter Spesialis Bedah Malang

photo bayi

Tumor Jinak HEMAMIOMA

photo bayi

Apa yang dimaksud dengan hemamioma?

Hemamioma merupakan tumor jinak yang sering ditemukan. Tumor ini kadang voliter, dapat pula multipel atau berukuran besar yang biasanya terdapat dijaringan-jaringan yaitu: kulit, otot, tulang,  SSP, dan visera. Hemamioma merupakan tumor vaskular jinak terlazim pada bayi dan anak.

Sebutkan tipe-tipe hemamioma?

Kapilaris, kavernosa, sklerotikans, dan glomamioma. Namun tipe yang utama yaitu hemamioma kapiler dan hemamioma kavernosum.

Dimanakah biasanya hemamioma terjadi?

  1. Kulit. Membentuk bintik-bintik de morgan, spider nevi, nevi muberry dan pulasan port-wine.
  2. Otot. Ditemukan sebagai tumor-tumor vaskular pada setiap otot, tetapi khususnya pada paha, betis, biceps, triceps, dan sternomastoid.
  3. Tulang. Biasanya tipe kavernosa dan sering ditemukan pada vertebrae dan cranium.
  4. SSP. Lesi-lesi kapiler atau kavernosa dapat terjadi dimanapun pada otak, tetapi terutama pada serebelum.
  5. Visera. Hemamioma kavernosa sering kali ditemukan dalam hepar atau visera lain. Jika terdapat pada piramid ginjal atau pada mukosa usus, dapat menyebabkan perdarahan klinik.

Bagaimana patofisiologi pada hemamioma jenis kapiler?

Jenis hemamioma ini terdiri dari nervus simplek, atau nervus buah arbei, dan nervus flameus. Nervus simplex kalau sudha terbentuk tampak seperti buah arbei menonjol, berwarna merah cerah dengan cekungan kecil. Perkembangannya dimulai dengan titik kecil pada waktu lahir, membesar cepat, dan menetap pada usia kira-kira 8 bulan. Kemudian akan mengalami regresi spontan dan menjadi pucat karena fibrosis setelah usia 1 tahun. Proses regresi berjalan sampai usia 6-7 tahun. Nervus flaneus ada sejak lahir, menetap dan rata dengan permukaan kulit, kecuali bila teriritasi dapat menonjol ditempat yang teriritasi tersebut.

Jelaskan mengenai hemamioma kavernosum yang berasal dari pelebaran pembuluh hati?

Hemamioma kavernsum ini sesungguhnya yaitu hemamioma yang merupakan proliferasi jaringan vaskuler embrionik hati. Tumor ini pada umumnya terletak sub kapsuler dan lobus kanan lebih banyak tekena daripada lobus kiri. Tumor ini jarang menimbulkan keluhan, kecuali pada jenis yang berukuran besar didapat keluhan nyeri. Penyulit yang serius ialah perdarahan hati karena hemamioma pecah spontan.

Bagaimana cara mendiagnosis hemamioma?

diagnosis hemamioma daat dibuat dengan pemeriksaan  ultrasonografi dan artoriografi selektif. Hemamioma kecil tanpa keluhan atau yang dijumpai pada waktu pembedahan tidak perlu diekstirtasi. Pembedahan dilakukan bila ada atau bila ada resiko perdarahan.

Jelaskan bagaimana hemamioma seklerotikans terjadi?

Hemamioma seklerotikans dihasilkan sebagai akibat fibrosis atau sklerosis dari suatu hemamioma kapilaris. Suatu modul yang secara predominan fibrosa yang mengandung sisa-sisa pigmen zat besi.

Hemangioma banyak terjadi pada?

Hemangioma merupakan tumor vaskuler jinak terlazim pada bayi dan anak.

Pada hemangioma, mengapa terapi yang diberikan harus bersifat suportif?

Karena ciri khas tumor ini cepat membesar selama beberapa bulan pertama    kehidupan, tetapi kemudian mengalami involusi spontan.

Terapi apa yang tepat untuk hemangioma?

Dengan pemasangan trakeostomi bila jalan nafas sangat terancam. Pemberian secara sistemik atau suntikan langsung kortikosteroid, telah digunakan pada sejumlah kasus untuk mempercepat proses regresi spontan.

Apa yang dimaksud dengan lesi port wine?

Lesi hitam rata konginental yang ada saat lahir dan terdiri dari saluran kecil berlapis endothelium. Penekanan pada lesi akan menyebabkan pemucatan. Tumor ini cenderung muncul lebih menonjol sesuai dengan bertambahnya usia, berbeda dari hemangioma kapiler, yang biasanya beregresi pada usia 5 tahun.

Bagaimana cara penanggulangan hemangioma?

Hemangioma buah arbei sebaiknya dibiarkan mengalami regresi spontan. Jadi, walaupun besar, mencolok dan tampak menakutkan, jenis ini tidak memerlukan tindakan selain pemasangan pembalut elastis dengan sedikit penekanan secara terus-menerus. Tindakan ini mempercepat proses regresi.

Bagaimana cara menanggulangi hemangioma jenis flameus?

Jenis flameus ditanggulangi dengan eksisi, kalau perlu ditambah dengan cangkok kulit. Dapat juga dilakukan perajahan (tatoasi) untuk menyamarkan warna. Penanggulangan dengan laser argon umumnya cukup memuaskan.

Bagaimana cara menanggulangi hemangioma jenis kavernosum?

Untuk hemangioma kavernosum, satu-satunya cara terapi ialah ekstirpasi. Pada jenis yang luas dapat dibantu dengan embolisa dengan panduan angiografi. Embriolisa membantu memperkecil tumor untuk mrmudahkan tindakan bedah. Kadang infiltrasi menyusup jauh ke dalam sehingga diperlukan pembedahan luas. Kelainan ini dapat kambuh dari sisa hemangioma yang sukar dicapai pada pembedahan.

Bagaimana cara mendiagnosis hemangioma?

Diagnosis hemangioma dapat dibuat dengan pemerikasaan ultrasonografi dan arteriografi selektif. Hemangioma kecil tanpa keluhan atau yang dijumpai pada waktu pembedahan tidak perlu diekstirpasi. Pembedahan dilakukan apabila ada keluhan atau bila ada resiko perdarahan.
Kenapa saat ini radiasi jarang digunakan pada kasus hemangioma?
Karena komplikasi jangka lama terapi radiasi, serta fakta bahwa kebanyakan hemangioma kapiler akan beregresi. Terapi dengan kortikosteroid sistemik dalam dosis besar kadang-kadang akan menimbulkan regresi pada lesi yang tumbuh cepat.

Apakah yang dimaksud dengan nevus port wine pada hemangioma?

nevus port wine merupakan masalah kosmetik yang sulit akibat hemangioma.

Terapi apa yang digunakan untuk mengatasi masalah nevus port wine?

Penggunaan laser telah menyokong terapi lesi ini dan diharapkan bahwa terapi tersebut akan mencegah kebutuhan pembedahan yang luas dan pencangkokan. Kosmetik bermanfaat dalam kasus lesi kecil.

Apakah komplikasi yang bisa terjadi pada hemangioma kavernosum?

Jenis kavernosum bias meluas dan menyusup ke jaringan sekitarnya, oleh karena itu jaringan di atas hemangioma dapat mengalami iskemia sehingga mudah rusak oleh iritasi misalnya didaerah perineum dan menimbulkan tukak yang sulit sembuh dan kadang berdarah.
Pada hemangioma simpleks yang  terdapat pada mata, mengapa selama menunggu regresi harus diusahakan agar mata kena rangsang cahaya?
Karena untuk menghindari terjadinya ambliopati pada mata yang dapat menyebabkan kebutaan.

Comments are closed.